Tips Menangani Rasa Takut Melahirkan

Sesungguhnya tubuh wanita telah di desain untuk melahirkan, tetapi kadang-kadang acara TV serta pesan di media justru kerap mendramatisasi sistem persalinan. Mengakibatkan, munculnya image negatif yang tertanam di pikiran kaum wanita, bahwa melahirkan itu merupakan sesuatu yang menakutkan serta beresiko, demikian menurut Tara Owens Shuler, kepala Lamaze International.

Pemahaman tentang anatomi serta fisiologi badan, di samping sistem kelahiran tersebut, dapat juga mengakibatkan seseorang wanita jadi kuatir, bahkan juga sangsi, atas kemampuannya untuk melahirkan.
Tips Menangani Rasa Takut Melahirkan


Lepas dari rasa sakit, wanita memang terlibat urusan dengan beberapa emosi sepanjang masa kehamilan. Mereka menyimpan harapan pada diri mereka sendiri serta stres ketika memikirkan melahirkan dengan cara alami, ikatan dengan bayi mereka didalam rahim, serta jadi orang-tua yang baik.

Bila sekarang ini Anda tengah menyiapkan persalinan serta terasa takut, mungkin tips menangani rasa takut melahirkan tersebut dibawah dapat dicoba untuk menaklukkan rasa takut Anda.

  • Ikuti kelas ibu hamil. Kelas ibu hamil bisa menolong Anda menyiapkan diri, memberi rasa percaya diri, serta mengelola rasa takut Anda. Mentor di kelas ini akan menyediakan info yang akan membuat tidak perlu merasa takut serta menolong menyingkirkan mitos serta memberi langkah untuk mengelola rasa sakit.
  • Mencari dokter atau bidan dengan hati-hati. Penyedia jasa kesehatan sangatlah mempengaruhi pengalaman wanita dalam proses kelahiran. Saat mencari penyedia jasa kesehatan, sangatlah perlu untuk mengajukan pertanyaan, serta tentukan seseorang yang bisa membangun rasa percaya diri serta mensupport diri Anda.
  • Bebaskan harapan. Banyak wanita mengambil keputusan tentang batas jam kerja, cemas perihal memilih kapan untuk mulai cuti, serta kapan mulai menyiapkan diri ketika melahirkan. Kadang-kadang orang lain justru terlalu banyak berpendapat tentang hal itu. Tuntutan ini yang dapat mempengaruhi pengalaman mempersiapkan melahirkan. Letakkan harapan pada diri sendiri.
  • Coba latihan relaksasi. Latihlah untuk melakukan pernafasan dari dalam, relaksasi otot progresif, serta meditasi. Hal bisa menolong untuk menentramkan tubuh serta pikiran, sehingga kita cuma mempunyai sedikit kekhawatiran.
  • Visualisasikan diri. Berlatih visualisasi bisa menolong Anda memikirkan tempat yang menyenangkan bila Anda mulai terasa kewalahan menghadapi persiapan sepanjang menunggu persalinan. Bekerja bersama dengan seseorang terapis, atau ikutlah grup yang bisa memberi kursus ini.
  • Hubungkan tubuh serta pikiran. Ketakutan bisa mengakibatkan persalinan jadi lebih lama menurut suatu riset. Namun bila Anda memberi kesadaran pada apa yang berlangsung pada tubuh anda sepanjang persalinan, Anda akan lebih dapat mengatasi emosi dan menangani rasa takut melahirkan
  • Hentikan narasi. Pengalaman rekan melahirkan mungkin saja traumatis baginya, walau ia mungkin saja memikirkan bahwa dia tengah menolong Anda dengan sarannya. Janganlah pikirkan kisahnya sewaktu melahirkan lantaran info itu dapat jadi bahan bakar kekhawatiran Anda.
  • Mengerti maksud nyeri. Tak seperti nyeri type lain, nyeri sepanjang persalinan serta melahirkan tak perlu diperbaiki serta itu betul-betul mempunyai tujuan untuk melahirkan bayi ke dunia. Bila Anda mengetahui kenapa, maka anda akan dapat menangani rasa takut melahirkan, dan Anda akan terasa lebih percaya diri.
  • Buat pengalaman sendiri. Dari pada membandingkan diri dengan ibu-ibu lain, buat ketentuan berdasar pada apa yang Anda alami serta bagaimanakah Anda bereaksi dalam kondisi itu.
  • Cari support. Bicara pada sahabat masalah kekhawatiran Anda bisa menolong memudahkan rasa kekhawatiran itu. Apabila memang tidak bisa menolong, maka carilah seseorang terapis.
Yakinlah bahwa setiap wanita normal pasti mengalami rasa takut saat melahirkan namun hampir semua dari mereka pada akhirnya mampu untuk menangani rasa takut melahirkan.

Berikut diatas adalah beberapa tips menangani rasa takut melahirkan untuk menyambut buah hati tercinta, yang tentunya telah sangat anda tunggu kehadirannya dan mempersiapkan diri untuk mendidik anak sesuai bakat dan minatnya.

Related Posts:

0 Response to "Tips Menangani Rasa Takut Melahirkan"

Post a Comment